LKS “CIRCULAR CIRCUIT GAME” PADA MATERI ASAM, BASA, DAN GARAM UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA SISWA SMP

ELI NURHAYATI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menghasilkan lembar kegiatan siswa yang dapat melatihkan keterampilan proses sains (KPS) pada siswa SMP kelas VII. Kelayakan LKS yang dikembangkan diuji berdasarkan aspek telaah dan validitas, kepraktisan dan keefektifan dengan menggunakan metode validasi, observasi, tes KPS, dan respon siswa. Penelitian ini menggunakan metode R&D yang terdiri atas studi pendahuluan, pengembangan, dan pengujian, yang dibatasi sampai pada tahap pengembangan (uji coba terbatas). Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar validasi, lembar pengamatan keterampilan proses sains siswa, lembar tes keterampilan proses sains siswa yang berupa pre-test dan post-test, serta lembar angket respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian, LKS Circular Circuit Game layak ditinjau dari aspek validitas dengan persentase sebesar 96,1% (sangat layak), aspek kepraktisan dengan persentase sebesar 89,2% (sangat baik), dari aspek keefektifan memperoleh hasil N-gain sebesar 0,66 (sedang) dan hasil respon positif siswa sebesar 90% (sangat layak). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKS Circular Circuit Game yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran dan dapat melatihkan keterampilan proses sains serta mendapat respon positif dari siswa.


 Kata kunci: LKS Circular Circuit Game, Asam, Basa, Gram, Keterampilan Proses Sains.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.