MEDIA PEMBELAJARAN MEMO VISUALISASI STRUKTUR FUNGSI TUMBUHAN DENGAN STRATEGI THINK GROUP SHARE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP KELAS VIII

DINDA MAULIDA AZKIYA ILMA

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa serta menghasilkan media memo yang valid, praktis, dan efektif. Pengembangan media memo menggunakan rancangan penelitian Research and Development (R&D) sampai pada uji coba terbatas. Kevalidan media diperoleh berdasarkan aspek materi, penyajian, dan tampilan. Kepraktisan diperoleh berdasarkan keterlaksanaan pembelajaran dan respons siswa selama proses pembelajaran. Keefektifan diperoleh berdasarkan aktifitas siswa selama pembelajaran serta hasil tes pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa setelah menggunakan media. Hasil penelitian terhadap kevalidan menunjukkan persentase media yaitu 91,07% dengan kriteria materi sebesar 94,64%, kriteria penyajian sebesar 91,07%, dan kriteria tampilan sebesar 87,5% sehingga termasuk kategori sangat valid. Kepraktisan ditunjukkan pada persentase keterlaksanaan pembelajaran pada pertemuan pertama sebesar 95,57% dan pada pertemuan kedua sebesar 93,57% serta respons siswa positif selama pembelajaran dengan persentase sebesar 79%. Keefektifan ditunjukkan berdasakan aktifitas siswa selama pembelajaran pertemuan pertama sebesar 96,02% dan pertemuan kedua sebesar 97,72%; peningkatan ketuntasan nilai pretest sebesar 16,67% menjadi 90% pada nilai posttest dengan nilai gain ternormalisasi sebesar 0,71 (tinggi); serta keterampilan berpikir kritis (inferensi, interpretasi, analisis, dan penjelasan) yang menunjukkan persentase ketuntasan sebesar 100% dan nilai rata-rata sebesar 92,08. Berdasarkan hasil peneltian, media pembelajaran memo visualisasi struktur fungsi tumbuhan dengan strategi think group share adalah valid, praktis, dan efektif.


Kata kunci: media pembelajaran, think group share, pemahaman konsep, berpikir kritis, struktur fungsi tumbuhan


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.