PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VII MTS MIFTAHUL HUDA

MUHAMAD SOFYAN bm

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan CTL, hasil belajar, dan motivasi belajar pada aspek pengetahuan dengan  pendekatan CTL. Jenis penelitian adalah pre-experimental design yaitu penelitian yang perlakuan pada satu kelas. Metode adalah metode kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar pengamatan, angket motivasi dan soal. Hasil perhitungan uji normalitas diperoleh Lo (0,0353) < Ltabel (0,99), ini berarti bahwa sampel yang digunakan berdistribusi normal. Peningkatan rata-rata hasil pengamatan keterlaksanaan pembelajaran menggunakan pendekatan CTL, pada pertemuan 1 dan 2 yaitu sebesar 3,3 % dengan kriteria cukup 3,5 % dengan baik dan pada pertemuan 3 menjadi 3,9 % dengan kriteria baik. Hasil rata-rata motivasi belajar siswa sebelum diterapkannya pendekatan CTL dengan model inquiry learning adalah sebesar 67%. Data diperoleh dari pra penelitian untuk studi pendahuluan. Sedangkan hasil rata-rata motivasi belajar siswa setelah diterapkannya pendekatan CTL dengan model inquiry learning dalam pembelajaran IPA adalah sebesar 75%. Sebelum melakukan penerapan pendekatan CTL dengan model inquiry learning, dilakukan pre-test untuk mengetahui hasil belajar awal siswa. Hasil belajar ranah kognitif mengalami peningkatan pada saat pre-test 4,2 % tuntas dan 95,8 % tidak tuntas. Sedangkan hasil belajar siswa pada ranah kognitif saat post-test adalah sebanyak 87,5% tuntas dan 12,5% tidak tuntas. Perbedaan hasil pre test dan post test dikatakan signifikan.


Kata Kunci: CTL, inquiry learning, motivasi, hasil belajar.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing



Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.