PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN EUREKA (EDUKATIF REKREATIF APLIKATIF) PADA MATERI GERAK PADA MAKHLUK HIDUP DAN BENDA

MUHAMMAD FAHMI ILMI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media permainan Eureka (Edukatif Rekreatif Aplikatif) pada materi gerak pada makhluk hidup dan benda. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Sidoarjo tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan teknik menganalisis data deskritif kuantitatif menggunakan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media permainan Eureka dengan tema gerak pada makhluk hidup dan benda layak digunakan. Hasil uji coba diperoleh media permainan Eureka pada materi gerak pada makhluk hidup dan benda meningkatkan hasil belajar siswa dengan skor n-gain 0,65 dengan kriteria sedang.


Kata Kunci: media permainan Eureka, Gerak makhluk hidup dan benda, hasil belajar


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.