PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY MATERI SISTEM TRANSPORTASI DI KELAS VIII

PUTRI IRAWATI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis siswa di kelas VIII dengan model guided inquiry pada materi sistem transportasi Penelitian ini menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest. Pretest dilakukan sebelum dilaksanakan pembelajaran dengan model guided inquiry, selanjutnya dilakukan posttest setelah dilaksankan pembelajaran guided inquiry.   Data yang diperoleh di analisis secara deskriptif. Hasil penelitian diperoleh dari keefektifan perangkat pembelajaran berdasarkan hasil belajar keterampilan berpikir kritis siswa, aktivitas dan respon siswa.Hasil belajar keterampilan berpikir kritis siswa dapat diketahui  peningkatan rata-rata nilai siswa dari 35,67 menjadi 72,87 melalui analisis N-Gain sebesar 0,58 dengan kriteria sedang, sedangkan rata-rata aktivitas siswa selam 3 pertemuan sebesar 85,62 termasuk dalam kategori sangat baik dan 93,90% siswa sangat merespon positif pembelajaran menggunakan model pembelajaran guide inquiry. Disimpulkan bahwa model pembelajaran guided inquiry pada materi sistem transportasi dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis.


Kata Kunci:Model pembelajaranGuided Inquiry dan keterampilan berpikir kritis siswa


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.