IMPLEMENTASI MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI PERUBAHAN BENDA

ACHMAD MAULANA SHOLACHUDDIN

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan, peningkatan, aktivitas dan respon siswa terhadap implementasi guided discovery learning untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada pembelajaran IPA dengan materi perubahan benda pada kelas VII di SMPN 1 Ploso, Jombang. Jenis penelitian ini menggunakan pre-experimental design dengan menggunakan dua kelas yang terdiri dari satu kelas eksperimen dan satu kelas replikasi yakni secara berturut-turut adalah kelas VII-B dan VII-A. Data dalam penelitian ini berupa data keterlaksanaan proses pembelajaran, data pretest dan postest, data penilaian aktivitas siswa dan data hasil angket. Berdasarkan dari hasil analisis data keterlaksanaan menunjukkan keefektifan dalam pembelajaran dengan hasil rata-rata yang meningkat sejak pertemuan pertama yakni dengan rata-rata 3,2 dan 3,3 kemudian pertemuan kedua dengan rata-rata 3,5 dan 3,5, pada pertemuan terakhir diperoleh rata-rata 3,6 dan 3,7,  peningkatan yang terjadi menunjukkan keefektifan dari pembelajaran yang diberikan. Pada uji normalitas hasil Fhitung pada kelas VII-A dan VII-B secara berturut-turut adalah 8,42 dan 9,31 dengan Ftabel 11,07, menyatakan bahwa kedua kelas tersebut berdistribusi normal. Pada hasil thitung menunjukkan perbedaan yang signifikan dengan hasil yang diperoleh pada kedua kelas VII-A dan VII-B yakni 11,36 dan 10,47 dengan ttabel 1,70 dengan taraf signifikan sebesar . Hasil penilaian aktivitas siswa pada kedua kelas sampel, data menunjukkan pada kisaran nilai 61-80 yang berkategori kuat. Respon dari kedua kelas selama pembelajaran, para siswa memberikan respon positif sebesar 83,85% dan 83,33%.


 


Kata kunci: guided discovery learning, keterampilan proses sains, perubahan benda


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.