PENGARUH MEDIA PERMAINAN KARTU PINTAR TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI TUMBUH-TUMBUHAN

SHOLIHUL MUHIBBI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ketuntasan hasil belajar siswa aspek pengetahuan, keterlaksanaan pembelajaran, dan respons siswa. Penelitian ini merupakan penelitian penerapan dengan True Experiment Design. Penelitian ini menggunakan rancangan pretest dan posttest control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 7 SMPN 6 Tuban terdiri dari 8 kelas. Sampel yang digunakan adalah kelas 7F sebagai kelas eksperimen dan 7G sebagai kelas kontrol. Adapun hasil analisis ketuntaan hasil belajar siswa berdasarkan nilai posttest pada kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata kelas sebesar 85 dan pada kelas kontrol sebesar 71, nilai kriteria ketuntasan minimum yang telah ditentukan adalah sebesar 75 sehingga pada kelas ekperimen telah memenuhi kriteria ketuntasan minimum sedangkan pada kelas kontrol tidak. Hasil analisis Gain Score menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada aspek pengetahuan dengan gain score <g>=0,78 kriteria tinggi pada kelas eksperimen dan <g>=0,66 kriteria sedang pada kelas kontrol. Keterlaksanaan pembelajaran pada penelitian ini mendapat skor sebesar 3,7 pada kelas eksperimen dan 3,8 pada kelas kontrol dengan kriteria sangat baik. Respons siswa sangat positif dengan memeroleh persentase untuk seluruh aspek sebesar 97,1% dengan kriteria sangat kuat.


Kata Kunci: media permainan kartu pintar, klasifikasi tumbuh-tumbuhan, hasil belajar siswa.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.