PENGEMBANGAN FLASHCARD PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VIII SMP

DEWI NUR ROHMATIN

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran yang layak secara teoritis dan empiris, serta mendeskripsikan kelayakan teoritis berdasarkan penilaian  validator, dan  kelayakan empiris berdasarkan pengamatan aktivitas siswa, hasil belajar dan respon siswa terhadap media. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada metode Research & Development (R&D). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sejumlah 16 siswa di kelas VIII-F yang diambil secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Flashcard layak secara teoritis dengan hasil validasi sebesar 91,50%. Secara empiris berdasarkan hasil aktivitas siswa didapatkan persentase rata-rata sebesar 98,59%. Kelayakan empiris lain berdasarkan hasil belajar siswa didapatkan persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 100%, nilai rata-rata peningkatan hasil belajar siswa sebesar 0,79 (tinggi), dan hasil respon siswa sebesar 96,63% (sangat merespon). Maka dapat disimpulkan bahwa media Flashcard dinyatakan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.


Kata Kunci: media Flashcard, hasil belajar, sistem gerak manusia


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.