MEDIA PERMAINAN BOXS NUMBER STAR UNTUK MENINGKATKAN HASILBELAJAR SISWA SMP

MAY PUSPITASARI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media permainan Boxs Number Star untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa didapatkan dari aktivitas siswa. Keefektifan media permainan Boxs Number Star ditinjau dari hasil aktivitas siswa, keterlaksanaan pembelajaran dan respon siswa. Jenis penelitian ini merupakan penilitan dan pengembangan atau Research And Development (R&D). Penelitian dan pengembangan ini terdiri dari tiga tahapan, yaitu studi pendahuluan, studi pengembangan, dan pengujian.
Akan tetapi dalam penelitian ini dibatasi sampai pada tahap studi pengembangan, tepatnya pada tahap uji coba terbatas. Penelitian dilakukan di SMP N 3 Kota Mojokerto. Uji coba dilakukan kepada 30 siswa kelas VIII-B dengan mengunakan One Group Pretest and Post Test Design. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa lembar observasi pembelajaran, dan lembar angket respon siswa. Teknik pengumpulan data dengan cara metode wawancara, metode angket dan metode observasi. Media permainan Boxs Number Star sebagai media pembelajaran dinyatakan efektif dilihat dari 3 aspek yaitu aktivitas siswa, keterlaksanaan pembelajaran dan respon siswa. Aktivitas siswa pada pertemuan kedua yaitu sebesar 95,2% dan pada pertemuan ketiga sebesar 98,6% dengan kategori aktivitas siswa sangat baik. Keterlaksanaan pembelajaran selama 3 kali pertemuan yaitu
96,8% dengan kategori keterlaksanaan pembelajaran sangat baik. Respon siswa setelah menggunakan media permainan sebesar 91,35% dengan kategori respon siswa terhadap media permainan Boxs Number Star sangat baik. Hal ini menunjukan bahwa media permainan Boxs Number Star dapat digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa.


Kata kunci : Media permainan Boxs Number Star


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.