PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI ZAT ADITIF UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP

RIZKA YUNI RATNASARI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan proses sains siswa setelah diterapkan pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning dalam pembelajaran IPA materi zat aditif. Penelitian ini menggunakan penelitian pre-experimental design menggunakan rancangan percobaan One Group Pretest Posttest Design. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C dan VIII-E di SMP Negeri 1 Beji. Data hasil keterampilan proses sains siswa dianalisis menggunakan N-Gain score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses sains siswa mengalami peningkatan di kelas VIII-C dan VIII-E. Kelas VIII-C memperoleh N-Gain score sebesar 0,67 dengan kategori sedang dan pada kelas VIII-E memperoleh N-Gain score sebesar 0,64 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning dalam pembelajaran IPA dapat melatihkan keterampilan proses sains siswa SMP.


Kata kunci : Discovery Learning, Keterampilan Proses Sains


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.