PENERAPAN PEMBELAJARAN IPA DENGAN STRATEGI PDEODE UNTUK MEREDUKSI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI PERUBAHAN FISIKA DAN PERUBAHAN KIMIA KELAS VII SMP

LARASATI AYU DEWANTI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaanopembelajaran, pengaruh pembelajaran dengan menggunakan strategi PDEODE (Predict-Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explain) terhadap pengurangan miskonsepsi siswa, dan respon siswa pada pembelajaran dengan strategi PDEODE. Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Wonoayu Sidoarjo. Rancangan penelitian yang digunakan adalah One Group Pre-test and Post-test Design. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif, dengan mengambil sampel penelitian yaitu siswa kelas VII-B SMPN 1 Wonoayu Sidoarjo. Teknik analisis data yang digunakan diantaranya analisis keterlaksanaan pembelajaran menggunakan skala Likert dan diinterpretasi persentase keterlaksanaan, analisis pereduksian miskonsepsismenggunakan metode CRI (Certaintynof Respons Index) dengan membandingkan persentase miskonsepsi siswa sebelum dan sesudah penerapan strategi PDEODE, dan analisis respon siswa menggunakan skor Guttman dan diinterpretasi persentase respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran berlangsung dengan sangat baik dengan persentase rata-rata keterlaksanaan pembelajaran yang diperoleh pada pertemuan I dan pertemuan II masing-masing sebesar 89,09% dan 95,76%. Hasil penurunan miskonsepsi secara keseluruhan menunjukkan persentase siswa yang mengalami miskonsepsi berkurang sebesar 40,77% dari 52,93% menjadi 12,16%. Siswa memberikan respon positif dengan kategori sangat baik dengan persentase rata-rata sebesar 97,84%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran dengan strategi PDEODE dapat mereduksi miskonsepsi siswa pada materi perubahan fisika dan perubahan kimia di SMPN 1 Wonoayu Sidoarjo.


Kata Kunci : Strategi PDEODE, miskonsepsi, perubahan fisika, dan perubahan kimia


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.