PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE WEBBED DENGAN TEMA PEMANASAN GLOBAL UNTUK KELAS VIII SMP NEGERI 28 SURABAYA

KHARISMA Eka EKA PUTRI

Abstract


Abstrak


Penelitian pengembangan perangkat pembelajaran IPA terpadu tipe webbed dengan tema pemanasan global ditujukan untuk mengetahui: (1) kelayakan perangkat yang dikembangkan, (2) keterlaksanaan kegiatan pembelajaran, (3) aktivitas siswa, (4) hasil belajar siswa, dan (5) respon siswa. Untuk mencapai tujuan tersebut telah dilakukan penelitian  yang diawali dengan penyusunan silabus, RPP, materi ajar, lembar kerja siswa, dan tes hasil belajar yang selanjutnya dilakukan uji coba perangkat tersebut dalam pembelajaran IPA terpadu. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 28 Surabaya sebanyak 16 siswa pada tahun pelajaran 2012-2013. Model pengembangan perangkat yang digunakan adalah model 4D. Namun demikian dalam penelitian ini hanya dibatasi sampai pada tahap pengembangan. Data penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan layak untuk digunakan sesuai dengan validasi perangkat oleh pakar dan validasi keterbacaan buku siswa. Hasil yang diperoleh dari validasi silabus sebesar 3,87 dengan kriteria sangat baik, rencana pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,74 dengan kriteria sangat baik, buku siswa sebesar 3,38 dengan kriteria sangat baik, LKS sebesar 3,43 dengan kriteria sangat baik, dan tes hasil belajar sebesar 3,15 dengan kriteria baik. Sementara itu keterbacaan buku siswa mendapatkan persentase sebesar 91.25% dengan kriteria sangat kuat. Data hasil uji coba yang diperoleh yaitu keterlaksanaan kegiatan pembelajaran pada pertemuan pertama sebesar 3,77 dan pertemuan kedua 3,44 dengan kriteria sangat baik, hasil belajar siswa yang diperoleh sebanyak 15 siswa tuntas dan 1 siswa tidak tuntas sehingga persentase ketuntasan klasikal yang diperoleh 93,75% dan gain score yang diperoleh 19,04. Hasil analisis angket respon siswa menunjukkan bahwa dalam pembelajaran IPA terpadu tema pemanasan global adalah siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran tersebut.


Kata kunci: IPA terpadu tipe webbed, kelayakan perangkat, hasil belajar, respon siswa


 


Abstract


Research of the teaching material development of integrated science using webbed type with global worming theme was proposed to determine: (1) the feasibility of teaching material developed, (2) carrying out learning activities, (3) students activities, (4) students learning outcomes, and (5) students responses. To attain these objectives, it had been research that started by preparation of syllabus, lesson plans, student books, student worksheets, and achievement test, followed by try out of the teaching material in the integrated science learning. The research was conducted on a class VIII student SMP Negeri 28 Surabaya many as 16 students in the school year 2012-2013. The teaching material development model used was 4D. However, in this study was limited until to the development stage. The data of research showed that the teaching material developed was feasible to use suitable with expert validation and validation of the student book readability. The result obtained from validation of syllabus, lesson plans, student books, student worksheets, and achievement test were 3.87 (very good), 3.74 (very good), 3.35 (very good), 3.43 (very good), and 3.15 (good) . Meanwhile, the readability of the student’s book gets a percentage of  91,25% with a very strong criterion. The result of try out data obtained carrying out learning activities at the first meeting at 3.77 and 3.44 with the second meeting with very well criteria, student learning outcomes gained as much as 15 students complete and 1 student does not complete so the percentage which obtained by classical completeness is 93.75% and gain score is 19,04. The results of  questionnaire analysis responses showed that students in integrated science teaching with the theme pemanasan global were students responded positively to that learning.


Keywords: Integrated science type webbed, the feasibility of the teaching material, learning outcomes, students responses 


Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.