PENERAPAN PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE WEBBED PADA TEMA KEBAKARAN HUTAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

ISMATUZ ZAKIYAH

Abstract


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mendukung untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa antara lain: hasil belajar, kinerja siswa, keterampilan berpikir kritis siswa, dan respons siswa. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dan angket sesuai dengan instrument yang mendukung. Berdasarkan hasil analisis uji t berpasangan diperoleh nilai Sig.=0,000 yang menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara nilai pre-test dan post-test. Hasil pengamatan penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran IPA Terpadu tipe webbed pada tema kebakaran hutan telah dilaksanakan dengan baik dengan rentang skor 3,00-3,78, kinerja afektif mendapatkan skor rata-rata 86,1dan psikomotor mendapatkan skor rata-rata 90,8, ketuntasan ranah kognitif siswa diperoleh 28 siswa tuntas dengan ketuntasan klasikal sebesar 93,3 %, keterampilan berpikir kritis siswa yang diketahui berdasarkan hasil pre-test dan post-test menunjukkan kenaikan yang signifikan yakni sebanyak 90,00% siswa mencapai level kritis. Sebagian besar respons siswa setelah diterapkannya pembelajaran IPA terpadu tipe webbed pada tema kebakaran hutan memberikan respons positif dengan nilai persentase rata-rata 92,4. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pembelajaran IPA Terpadu pada tema kebakaran hutan dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa yaitu sebanyak 90% siswa mencapai level kritis. Saran penelitian ini adalah guru sebagai fasilitator dan mediator bagi siswa harus dapat mengaitkan materi pembelajaran IPA Terpadu dengan permasalahan kehidupan sehari-hari siswa sehingga pembelajaran menjadi bermakna dan dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswanya.


Kata kunci: Pembelajaran IPA Terpadu Tipe webbed tema kebakaran hutan, keterampilan berpikir kritis


Abstract


The pupose of the study is to describe the result of the study including supporting factors of improving learners’ critical thinking such as learners’ performance, learners’ critical thinking skill, and learners respond.  The researcher used an observation, yests, and questionnaires to collect data.  Based on pair examination analysis the researcher also found a value Sig.=0.000 which shows a significant difference between pre-test result and post-test result.  From the observation, the researcher found that application of Integrated Natural Science using webbed type by notion of forest fire was effectively done by the range of score is 3,00 – 3,78; average score for affective performance is 86,1; and average score for psychomotor is 90,8.  Besides, 28 learners are succeed in cognitive aspect by clasical completeness 93,3%; the improvement of learners’ critical thinking skill is about 90,00% based on pre-test score and post-test score.  Additionally, the majority of the learners gave a positive respond after Integrated Natural Science learning using webbed typr by notion of forest fire was applied with average score of 92,4 percent. The conclusion of this research is the implementation of the integrated natural science on forest fire theme can increase students' critical thinking skills is about 90 % students reached a critical level. The suggestion of this research is the teacher as a facilitator and mediator for the students should be able to relate science integrated learning material to the issues of everyday life of students so that learning becomes meaningful and can develop students' critical thinking skills.


Keyword: Integrated Natural Science learning Webbed type on Forest Fire theme, critical thinking skill.


Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.