EFEKTIVITAS PERMAINAN AVERGO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MELATIHKAN KERJA SAMA SISWA

ANDINA DEWI ALANZIA, ISNAWATI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan dari permainan Avergo pada materi klasifikasi makhluk hidup, khususnya kelompok hewan Avertebrata untuk meningkatkan pemahaman dan melatihkan kerja sama pada siswa. Keefektifan media ini ditinjau dari dua aspek, yaitu peningkatan pemahaman siswa berdasarkan hasil pretest dan posttest serta hasil nilai kerja sama siswa sebelum dan sesudah menggunakan permainan Avergo. Metode penelitian ini ialah R&D dengan langkah yang dimodifikasi yang diujicobakan pada satu kelas pelakuan yaitu kelas VIIC dengan jumlah 16 siswa. Rancangan penelitian menggunakan one group pretest posttest design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket, observasi, dan tes. Data yang diperoleh selama penelitian yaitu berdasarkan peningkatan pemahaman, sebanyak 100% siswa mengalami peningkatan pemahaman diantaranya 56,25% siswa yang berkategori gain sedang dan 43,75% siswa yang berkategori gain tinggi sedangkan berdasarkan peningkatan pemahaman setiap aspek diperoleh nilai Gain 0,74 dengan kategori tinggi. Selain itu, berdasarkan nilai keterampilan kerja sama antara sebelum menggunakan permainan Avergo dengan sesudahnya mengalami peningkatan dari bernilai rata-rata 8,73 menjadi 9,20. Hal ini menunjukkan bahwa permainan Avergo sangat efektif digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatan pemahaman dan melatihkan keterampilan kerja sama siswa. Adapun saran untuk peneliti selanjutnya yaitu lebih mengatur waktu yang digunakan selama proses pengambilan data.

Kata Kunci: Permainan Avergo, keefektifan media, peningkatan pemahaman, kerja sama, materi klasifikasi makhluk hidup

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.