Keefektifan LKS Guided Discovery Berbasis Etnosains untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP

RAHMA AYUNDA BASKORO

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan keefektifan LKS Guided Discovery berbasis etnosains. Aspek keefektifan dapat dilihat dari hasil tes pretest dan posttest siswa serta respon siswa. Hasil pretest memperoleh rata-rata sebesar 40,80% dan hasil posttest memperoleh rata-rata 81,09% sehingga hasil belajar siswa mengalami kenaikan sebesar 40,29%. Kemudian memperoleh rata-rata skor N-gain sebesar 0,67 dengan kategori sedang. Hasil respon siswa memperoleh persentase total sebesar 92.29% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil dari data yang telah diperoleh dapat disimpulkan bahwa LKS Guided Discovery berbasis etnosains dapat dikategorikan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci : Kelayakan LKS, Guided discovey, Etnosains, , Hasil belajar

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.