PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SCIENCE STORY BERBASIS ETNOSAINS

DITA AYUNI RAHMI, LAILY ROSDIANA

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media Science Story Berbasis Etnosains Pada Materi Kalor dan Perpindahannya. Jenis penelitian yang digunakan adalah one group pretest and posttest design. Subjek dari penelitian ini terdiri dari 32 siswa kelas VII-G SMP Negeri 3 Sidoarjo. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes. Hasil penelitian ini menunjukkan ketuntasan hasil belajar pada aspek pengetahuan sebesar 88% dengan peningkatan hasil belajar siswa menggunakan analisis uji n-gain sebesar 0,6 dengan kategori sedang. Kesimpulannya adalah penggunaan media Science Story Berbasis Etnosains dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Hasil belajar, komik, etnosains, kalor dan perpindahannya





Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.