PENGARUH PENERAPAN INKUIRI TERSTRUKTUR PADA SUB MATERI PEMUAIAN TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMPN 17 SURABAYA

TAMARA ELDIAWATI, MARTINI

Abstract


Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan inkuiri terstruktur terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMPN 17 Surabaya. Metode yang digunakan yaitu praeksperimen dengan rancangan One-Group Posttest Design. Teknik analisis data berupa uji normalitas dan t-berpasangan. Didapatkan hasil berupa uji normalitas data pretest bersignifikan 0,474 yang berartikan bahwa data berdistrubi normal. Berdasarkan hasil pretest dan posttest didapatkan hasil uji t-berpasangan mempunyai signifikasi sebesar 0,000 yang berartikan bahwa ada pengaruh pembelajaran inkuiri terstruktur terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Pengaruh tersebut juga didukung oleh aktivitas siswa selama 3 pertemuan yang menunjukkan hasilnya meningkat. Pada pertemuan pertama keterampilan berpikir kritis siswa berada dalam kriteria tidak baik dan cukup. Pada pertemuan kedua keterampilan berpikir kritis siswa berada dalam kriteria baik. Pada pertemuan ketiga keterampilan berpikir kritis siswa berada dalam kriteria sangat baik.







Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.