KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN VIDEO PADA MATERI GERAK PADA MAKHLUK HIDUP DAN BENDA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP

Mohamad Fais Bisal Alinuha, RAHARJO

Abstract


Abstrak

Penelitianiini merupakanipenelitianipengembangan, dengan judul pengembangan mediaivideo pembelajaran edukatif pada materi gerak pada makhluk hidup dan benda untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa smp.Kelayakan media pembelajaran edukatif ditinjau dari aspek teoritis dan empiris.Metodeipenelitian yangidigunakan adalahiR&D yangidibatasi sampai 6 tahapiyaitu potensiidan masalahpengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk dan uji coba terbatas. Media video pembelajaran diujicobakan di SMPN 32 Surabaya pada kelas VIII B. Instrumen yangidigunakan adalahilembar telaah media, lembar validasi, lembar observasi aktivitas siswa, lembar angket respon siswa dan lembar tes. Teknik pengumpulan data dengan cara validasi, angket, observasi, serta pretest dan posttest. Hasil validitas media media pembelajaran ini mendapatkan persentase kelayakan sebesar 85 % dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan kelayakan empiris dari penggunaan media, untuk respon siswa mendapatkan respon positif sebesar 92,22% dengan kriteria yang sangat layak, sedangkan untuk aktivitas siswa menunjukkan aktivitas yang positif sebesar 85,41%. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwaimedia videoipembelajaran edukatif layak digunakanisebagai mediaipembelajaran.

Kata Kunci: Video pembelajaran,gerak pada tumbuhan,hasil belajar siswa.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.