KEEFEKTIFAN PERANGKAT PEMBELAJARAN SALINITAS SALT WATER BERBASIS MODEL GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

ATIKA DEVY, WAHONO WIDODO

Abstract


Abstrak

Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang memiliki tujuan untuk mendeskripsikan kelayakan perangkat pembelajaran Salinitas Salt Water (SSW) berbasis model Guided Inquiry pada materi klasifikasi materi dan perubahannya untuk meningkatkan hasil belajar siswa berdasarkan keefektifan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model penelitian 4D meliputi empat tahapan pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Pada penelitian ini dibatasi sampai pada tahap pengembangan saja. Berdasarkan aspek keefektifan yang ditinjau dari hasil analisis pre-test dan post-test pada hasil belajar aspek pengetahuan yang diperoleh 92% siswa tuntas, sedangkan hasil belajar pada aspek keterampilan yang diperoleh 80% siswa tuntas. Berdasarkan aspek tersebut dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP.

Kata Kunci: Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Guided Inquiry, Hasil Belajar.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics (Since August 5, 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.