PENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA SETELAH PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 5E

AJENG UMI FADILAH, AN NURIL MAULIDA FAUZIAH

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil peningkatan pemahaman konsep peserta didik pada materi pesawat sederhana setelah penerapan model learning cycle 5E. Penelitian ini menggunakan desain pre-experimental dengan rancangan desain “One-Group Pretest-Posttest Design”. Sasaran penelitian ini menggunakan 37 peserta didik SMP Negeri 3 Candi kelas VIII-1 pada semester ganjil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan persentase pemahaman konsep peserta didik pada indikator C1 menafsirkan dari 23% menjadi 97%, C2 menafsirkan dari 10% menjadi 87%, C2 mencontohkan dari 87% menjadi 93%, C2 mengklasifikasikan dari 42% menjadi 81% dan C2 menjelaskan dari 4% menjadi 65%. Peningkatan pemahaman konsep peserta didik tersebut salah satunya dengan menggunakan model learning cycle 5E yang digunakan untuk membangun konsep yang dimiliki peserta didik melalui proses asimilasi dan akomodasi.

Kata Kunci: pemahaman konsep, learning cycle 5E, pesawat sederhana.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.