PENINGKATAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA SMP DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI PENCEMARAN AIR

NANDA PUTRI RAMADHANY, MARTINI

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan komunikasi yang dimiliki siswa baik keterampilan komunikasi secara tertulis maupun lisan berdasarkan pretest dan posttest pada materi pencemaran air dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimental dengan rancangan penelitian one group pretest-posttest design. Metode pengumpulan data yakni dengan metode tes yang diberikan sebelum dan sesudah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan komunikasi tertulis siswa kelas VII meningkat secara signifikan menggunakan hasil tes pretest dan posttest dengan hasil rata-rata gain skor 0,78 dengan kategori tinggi. Keterampilan komunikasi lisan siswa kelas VII meningkat secara signifikan dengan menggunakan karya laporan pengamatan untuk dipresentasikan dengan hasil rata-rata skor 82,14 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterampilan komunikasi siswa dapat dilatihkan dengan baik dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.