MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MENGGUNAKAN LKS BERORIENTASI LEARNING CYCLE 5E PADA MATERI ZAT ADITIF

ROFIQO AYU LIMARA, WAHONO WIDODO

Abstract


Abstrak

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan lembar kegiatan siswa berorientasi learning cycle 5E untuk melatihkan keterampilan proses sains dengan menggunakan model penelitian RnD. Subjek uji coba yaitu kelas VIII-B SMPN 1 Driyorejo yang berjumlah 36 siswa. Desain uji coba yang digunakan yaitu one group pre-test post-test design. Berdasarkan hasil ketuntasan tes keterampilan proses sains memperoleh persentase sebesar 86%. Persentase siswa dengan kriteria N-gain tinggi sebesar 72% dan 28% dengan kriteria N-gain sedang. Ketuntasan tiap aspek keterampilan proses sains pada aspek merumuskan masalah memperoleh nilai gain sebesar 0,85 dengan kriteria tinggi, pada aspek merumuskan hipotesis memperoleh nilai gain sebesar 0,70 dengan kriteria sedang, pada aspek mengidentifikasi variabel memperoleh nilai gain sebesar 0,80 dengan kriteria tinggi, pada aspek menginterpretasi data diperoleh nilai gain sebesar 0,63 dengan kriteria sedang, dan pada aspek merumuskan masalah memperoleh nilai gain sebesar 0,48 dengan kriteria sedang. Berdasarkan hasil tersebut lembar kegiatan siswa yang dikembangkan layak digunakan untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa.

Kata Kunci: lembar kegiatan siswa, keterampilan proses sains.





Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.