PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH UNTUK MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA KELAS VIII

FERIT VERY PRIYONGGO, AHMAD QOSYIM

Abstract


Kelayakan media pembelajaran interaktif ditinjau dari aspek kevalidan. Metode penelitian ini menggunakan Research and Development (R & D) yang dibatasi sampai 6 tahap yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain dan uji coba terbatas. Media pembelajaran interaktif diujicobakan di SMPN 3 Sidoarjo pada kelas VIII I. Instrumen yang digunakan adalah lembar telaah media, lembar validasi, lembar aktivitas siswa, lembar keterlaksanaan, lembar respon siswa dan lembar tes. Teknik pengumpulan data adalah validasi, angket, observasi, serta pretest dan posttest. Hasil validitas media media mendapatkan kriteria sangat layak. Kepraktisan media, untuk keterlaksanaan didapatkan kriteria sangat baik, respon siswa mendapatkan respon positif dengan kriteria sangat baik, dan aktivitas siswa menunjukkan aktivitas positif. Keefektifan dari penggunaan media ini mendapatkan hasil sangat baik. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa media interaktif berbasis macromedia flash layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Kata Kunci: macromedia flash, sistem gerak manusia.







Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.