Penerapan Permainan Ular Tangga Modifikasi untuk Memotivasi Keterampilan Bertanya Peserta Didik Kelas VII pada Materi Pencemaran Lingkungan

Suryani Rahajeng, TARZAN PURNOMO

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan permainan ular tangga modifikasi, memotivasi keterampilan bertanya, dan respon peserta didik. Metode penelitian data dianalisis terdeskriptif kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, dan angket. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, lembar tes dan lembar angket respon siswa. Hasil penelitian keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan predikat sangat baik sebesar 3,41%, memotivasi keterampilan bertanya menunjukkan predikat cukup baik dengan peningkatan sebesar 45%, gain skor menunjukkan sebesar 0,48% serta hasil angket respon siswa menunjukkan bahwa permainan ular tangga sangat sesuai dan mudah dimainkan sebesar 90%. Dari hasil yang didapat menunjukkan bahwa dengan menggunakan permainan ular tangga modifikasi dapat memotivasi munculnya keterampilan bertanya siswa.

Kata Kunci: permainan, motivasi, keterampilan bertanya

Abstract

This study aims to describe the implementation of the game modification ladder snakes, motivate skills to ask questions, and the response of learners. The research method used is descriptive quantitative. Data collection using observation, test, and questionnaire techniques. The instruments used were observation sheets, test sheets and student response sheets. The result of the study shows that the excellent predicate is 3.41%, motivating questioning skill shows good predicate with 45% improvement, score gain shows 0,48% and student response result indicate that game of snake ladder is very suitable and easy to play by 90%. From the results obtained show that by using a modified ladder snake game can motivate the appearance of students questioning skills.

Key Words: games, motivation, questioning skills

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.