Keefektifan LKS Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Pesawat Sederhana

RISKI DWI FANANI, AN NURIL MAULIDA FAUZIAH

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektifan LKS berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi pesawat sederhana untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode “one group pre-test post-test design”. LKS berbasis CTL diuji cobakan pada siswa kelas VIII-A SMP Negeri 40 Surabaya. Instrumen yang digunakan adalah lembar evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara melakukan uji pre-test dan post-test. Keefektifan LKS berbasis CTL yang diukur dari hasil pre-test dan post-test ini mendapatkan skor N-Gain pada aspek keterampilan proses sains sebesar 0,72 dengan kategori tinggi. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa LKS berbasis CTL dapat dikatakan efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi pesawat sederhana.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.