PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI TEKANAN ZAT CAIR

ZIYANA WALIDAH RAZAK, ELOK SUDIBYO

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep siswa, dan respon siswa terhadap model Learning Cycle 5E pada sub materi Hukum Archimedes materi tekanan zat cair. Jenis penelitian ini adalah pre-experimental design dengan rancangan penelitian one grup pretest and posttest design. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII E MTsN Rungkut Surabaya yang berjumlah 35 siswa pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Analisis data keterlaksanaan pembelajaran diperoleh dari menghitung rata-rata persentase tiap fase pada model Learning Cycle 5E, data peningkatan pemahaman konsep dianalisis menggunakan uji normalitas, uji t berpasangan dan uji n-gain ternormalisasi, sedangkan data respon dianalisis dengan menghitung rata-rata persentase respon siswa. Hasil pengamatan keterlaksanaan pembelajaran mengalami peningkatan dengan persentase pertemuan II sebesar 92 % dan pertemuan III sebesar 98% dengan kategori sangat baik. Pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan dari rata-rata nilai pretest 34 dan nilai posttest 85,14 serta peningkatan tiap aspek pemahaman mendapatkan rata-rata n-gain score sebesar 0,8 dengan kategori tinggi. Siswa memberikan respon yang positif terhadap penerapan model Learning Cycle 5E pada sub materi Hukum Archimedes dengan persentase sebesar 95% kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan penerapan model Learning Cycle 5E efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada sub materi Hukum Archimedes materi Tekanan Zat Cair.

Kata Kunci : Learning Cycle 5E, Pemahaman Konsep Siswa, Hukum Archimedes.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.