PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA

ARINIL ISHAQIYAH, MARTINI

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan proses sains siswa setelah diterapkan pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning pada materi kalor dan perpindahannya. Penelitian ini menggunakan penelitian pre-experimental design dengan menggunakan rancangan percobaan One Group Pretest Posttest Design. Sasaran penelitian ini adalah 30 siswa kelas VII MTs Nashruddin Panceng Gresik. Terdapat 7 indikator keterampilan proses sains yang memperoleh nilai diatas KKM, yaitu mengamati, merumuskan masalah, membuat hipotesis, mengidentifikasi variabel, mengumpulkan data, mengomunikasikan, menyimpulkan dan dapat dikategorikan tuntas dan terdapat satu indikator yang tidak tuntas yaitu menganalisis data. Data hasil keterampilan proses sains siswa dianalisis menggunakan N-Gain score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses sains siswa mengalami peningkatan. Terdapat 83,5% siswa yang memperoleh N-Gain dengan kriteria tinggi; 13,5% dengan kriteria sedang; dan 3,0% dengan kriteria rendah. Kesimpulan penelitian ini yaitu penerapan model Problem Based Learning dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi kalor dan perpindahannya.

Kata Kunci: Problem Based Learning, Keterampilan Proses Sains


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.