Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Untuk Mencapai Ketuntasan Hasil Belajar Peserta Didik SMP

SHELLA CINTYA WATI, AHMAD QOSYIM

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keterlaksanaan proses pembelajaran, ketuntasan hasil belajar, dan respon peserta didik menggunakan metode Pre-Experimental Design dengan rancangan One Group Pre-test – Post-test Design. Hasil penelitian menunjukkan, (1) Keterlaksanaan model pembelajaran NHT efektif untuk diterapkan karena di kelas VII-A pada pertemuan 1, 2 dan 3 mendapatkan kategori sangat baik. Sedangkan di kelas VII-B pada pertemuan 1, 2 dan 3 juga mendapatkan kategori sangat baik. (2) ketuntasan hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran NHT efektif pada saat diberikan soal pre-test di kelas VII-A dan VII-B seluruh peserta didik dinyatakan 100% tidak tuntas pada saat mengerjakan soal pre-test dan setelah diterapkan model pembelajaran NHT dan diberikan soal post-test seluruh peserta didik baik di kelas VII-A dan VII-B dinyatakan 100% tuntas. (3) Respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran NHT di kelas VII-A rata-rata presentase yang menjawab “Ya” sebesar 98,53% dan di kelas VII-B rata-rata presentase yang menjawab “Ya” sebesar 95,09%. Secara keseluruhan penerapan model pembelajaran NHT yang diterapkan oleh peneliti pada kelas VII-A dan VII-B telah efektif untuk ketuntasan hasil belajar peserta didik.

Kata kunci : Hasil belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT)




Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.