KEEFEKTIFAN LKPD BERBASIS PROSES SAINS UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS

LISTIYA ASIFAH ANGGRAINI, TUTUT NURITA

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan LKPD Berbasis Proses Sains pada Materi Kalor dan Perpindahannya untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains berdasarkan keefektifan. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar tes keterampilan proses sains yang terdiri dari pretest dan posttest masing-masing terdiri dari 10 soal pada indikator pengetahuan dan 5 soal pada indikator keterampilan proses sains. Hasil tes menunjukkan ketuntasan hasil belajar peserta didik sebesar 100% dengan kategori sangat baik. Ketuntasan pada indikator pembelajaran pada aspek pengetahuan sebesar 84,84% dengan kategori sangat baik, aspek proses sains sebesar 8,70% dengan kategori sangat baik. Adapun hasil N-Gain skor pada indikator pengetahuan mendapat rata-rata sebesar 0,63 dengan kriteria sedang. Pada hasil N-Gain skor pada indikator keterampilan proses sains mendapat rata-rata sebesar 0,73 dengan kriteria tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa LKPD Berbasis Proses Sains efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains.







Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.