LKS PODE (Predict, Observe, Discuss, Explain) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa

DWI RETNOSARI, WAHONO WIDODO

Abstract


Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, respon siswa, dan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa setelah menggunakan LKS PODE. Desain penelitian ini menggunakan One Group Pretest Posttest tanpa adanya kelas pembanding. Sampel penelitian melibatkan 30 siswa kelas VIII-D SMPN 19 Surabaya. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa aktivitas guru atau keterlaksanaan pembelajaran berlangsung sangat baik dengan persentase kecenderungan nilai dari tiga pertemuan yaitu sebesar 83,33% dengan kategori sangat baik. Siswa memberikan respon positif terhadap penggunaan LKS PODE dengan modus persentase sebesar 100% dengan kategori sangat baik. Keterampilan berpikir kritis siswa meningkat, hal ini dapat dilihat dari nilai hasil rekapitulasi pretest posttest yang dihitung menggunakan gain score sebesar 0,42 dalam kategori sedang. Dengan demikian berdasarkan beberapa hal diatas dapat dinyatakan bahwa LKS PODE dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi cahaya.

Kata Kunci: LKS PODE, Keterampilan Berpikir Kritis.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.