MELATIHKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA SMP PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING

AKBAR NASHRULLAH, AHMAD QOSYIM

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melatihkan keterampilan komunikasi tertulis siswa pada materi pencemaran lingkungan menggunakan model pembelajaran problem based learning. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah “one group pretest-posttest design”.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-G dan Kelas VII H SMPN 35 Surabaya tahun ajaran 2017-2018 yang setiap kelas berjumlah 38 siswa. Nilai ketuntasan pretest yang diperoleh kelas VII-G sebesar 0% dan posttest sebesar 95%, sedangkan nilai ketuntasan pretest kelas VII-H sebesar 0% dan posttest sebesar 100%. Kesimpulan penelitian ini yaitu setelah model pembelajaran problem based learning di terapkan siswa SMP lebih terlatih dalam keterampilan komunikasi tertulis.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.