KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII SMP

ALIEF NOER UBAY, LAILY ROSDIANA

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan pemecahan masalah siswa kelas VIII ditinjau berdasarkan tahapan pemecahan masalah yang dilakukan oleh siswa. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian pre-experimental design dan sampel sebanyak 36 siswa. Rancangan penelitian pada penelitian ini menggunakan one-shot case study. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa rata-rata seluruh tahapan pemecahan masalah dalam kategori baik, dengan skor setiap tahapan yaitu: (1) mengidentifikasi masalah sebesar 3,20 (baik); (2) merancang solusi sebesar 3,10 (baik); (3) mengumpulkan data sebesar 2,60 (kriteria baik); (4) menentukan solusi sebesar 2,30 (cukup), dan (5) meninjau kembali sebesar 2,60 (baik). Berdasarkan hasil penilaian tahapan pemecahan masalah bahwa keterampilan pemecahan masalah siswa kelas VIII-H di SMP Negeri 21 Surabaya dikategorikan baik.

Kata Kunci: keterampilan pemecahan masalah, aktivitas siswa.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.