KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG

MELATI SOPHIA NEGARA, MARTINI

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan proses sains siswa SMP setelah diterapkan pembelajaran discovery learning. Jenis penelitian pre-eksperimen dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah “one group pretest-posttest design”. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-A SMP Labschool Unesa tahun ajaran 2017-2018 yang berjumlah 26 siswa. Metode pengumpulan data meliputi metode observasi, tes dan angket respon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil keterampilan proses sains berdasarkan nilai pretest dan posttest mengalami peningkatan sebesar 0,72 dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa.

Kata Kunci: Discovery Learning, Keterampilan Proses Sains










Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.