Kevalidan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Problem Based Learning Untuk Melatihkan Keterampilan Pemecahan Masalah

PUTRI BUNGA SARI SURYA ATMAJA, SITI NURUL HIDAYATI

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) dari aspek kevalidan untuk melatihkan keterampilan pemecahan masalah pada materi pemanasan global. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4-D yang memiliki tahap define, design, develop, dan disseminate. Penelitian ini dibatasi hingga tahap develop (pengembangan) pada tahap validasi ahli. Instrumen yang digunakan adalah lembar telaah dan lembar kevalidan. Lembar telaah digunakan untuk memperoleh saran dan masukan LKPD dari dosen pembimbing. Lembar validasi digunakan untuk mengetahui penilaian LKPD berdasarkan syarat didaktik, konstruksi, teknik, serta kesesuaian dengan tahapan problem based learning dan keterampilan pemecahan masalah oleh validator. Analisis data digunakan untuk mengetahui hasil validasi dari tiga validator. Berdasarkan hasil validasi kedua LKPD menunjukkan kevalidan syarat didaktik sebesar 85,4%, syarat konstruksi 78,15%, dan syarat teknis 85,85%. Kesimpulan dari peneletian ini adalah bahwa pengembangan LKPD berorientasi problem based learning untuk melatihkan keterampilan pemecahan masalah dinyatakan layak ditinjau dari aspek kevalidannya.

Kata Kunci: problem based learning, keterampilan pemecahan masalah, lembar kegiatan peserta didik, pemanasan global.






Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.