PROFIL KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI PEMISAHAN CAMPURAN MELALUI PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY

BELLA FIDDINI ROSYIDA, TUTUT NURITA

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan keterampilan proses sains pada materi pemisahan campuran melalui pembelajaran dengan model guided inquiry. Desain penelitian yang digunakan yaitu One Group Pretest Posttest Design. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Data dikumpulkan melalui teknik observasi dan tes. Teknik observasi digunakan untuk memperoleh data observasi mengenai keterampilan proses sains siswa, sedangkan teknik tes digunakan untuk memperoleh data kuantitatif keterampilan proses sains secara tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan pembelajaran dengan model guided inquiry, keterampilan proses sains siswa mengalami peningkatan yang signifikan diukur dari ujt T-Berpasangan dan menunjukkan rata-rata skor uji N-Gain sebesar 0,54 dengan kategori sedang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah keterampilan proses sains siswa meningkat setelah pembelajaran dengan model guided inquiry pada materi pemisahan campuran.

Kata Kunci: keterampilan proses, inquiry, pemisahan campuran.

The purpose of this research is to describe science process skill in mixture separation matter by guided inquiry learning model. Design of the research is One Group Pretest Posttest Design. This research used quantitive descriptive method. Data were collected by observation and test . Observation methode used to obtained observation data about science process skill of student, and test method used to obtained quantitive data of scienceprocess skill. The research showed that after used guided inquiry leaning model, the science process skill of student increased significantly measured by T-Pair test and showed average score 0.54 in N-Gain test with moderate category. The conclusion of this research was science process skill of studet increased by guided inquiry model in separatin mixture matter.

Keywords: process skill, inquiry, separation mixture.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.