KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE

ITA WULANDARI, TARZAN PURNOMO

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis yang dimiliki siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture pada materi pencemaran lingkungan. Kemampuan berpikir kritis yang diamati pada penelitian ini terdiri dari 7 indikator yaitu kemampuan interpretasi, analisis, evaluasi, inferensi, eksplanasi, deduksi dan induksi. Desain uji coba yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest posttest design. Subjek uji coba terdiri dari siswa kelas VII B di SMPN 30 SURABAYA yang berjumlah 20 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu soal tes kemampuan berpikir kritis yang berupa soal pretest dan posttest. Cara analisis data yaitu dengan menganalisis hasil pretest dan posttest serta uji N-gain untuk mengetahui peningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil tes kemampuan berpikir kritis yang berupa pretest dan posttest menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Analisis uji N-Gain menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kritis untuk masing-masing indikator yaitu kemampuan interpretasi sebesar 0,73 , kemampuan analisis sebesar 0,54 , kemampuan evaluasi sebesar 0,81, kemampuan inferensi sebesar 0,42 , kemampuan eksplanasi sebesar 0,50 , kemampuan deduksi sebesar 0,43 dan kemampuan induksi sebesar 0,42. Secara keseluruhan peningkatan kemampuan berpikir siswa dalam pembelajaran sebesar 0,55. Hasil ini menunjukkan bawa proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture pada materi pencemaran lingkungan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Model Pembelajaran Picture And Picture, Pencemaran Lingkungan

Abstract

This research aims to describe the critical thinking skills that students have in the learning process by using the model of learning picture and picture on environmental pollution material. The critical thinking ability observed in this research consists of 7 indicators, namely the ability of interpretation, analysis, evaluation, inference, explanation, deduction and induction. The test design used in this research is one group pretest posttest design.The test subjects consist of students of class VII B at SMPN 30 SURABAYA which amounted to 20 students. The instrument used in this study is questios of critical thinking skills in the form of questions of pretest and posttest. The way of data analysis is by analyzing the result of pretest and posttest and N-gain test to know the improvement of students critical thinking ability. The result of critical thinking ability test that is pretest and posttest shows the improvement of students critical thinking ability. N-Gain test analysis showed improvement of critical thinking ability for each indicator that is interpretation ability of 0,73, analytical ability of 0,54, evaluation ability of 0,81, inference ability of 0,42, explanation ability of 0,50 , deduction ability of 0.43 and induction ability of 0.42. Overall improvement of students thinking ability in learning by 0,55. This result shows that learning process using picture and picture learning model on environmental pollution material can improve students critical thinking ability

Keywords: Critical Thinking Ability, Picture And Picture Learning Model, Environmental Pollution


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.