MODEL PENEMUAN TERBIMBING (GUIDED DISCOVERY) PADA PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE WEBBED DENGAN TEMA BIOPESTISIDA

NURUL AINI

Abstract


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing, hasil belajar siswa, dan respon siswa pada pembelajaran IPA Terpadu tipe webbed dengan tema biopestisida. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pre-eksperimental dengan menggunakan rancangan one shot case study. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-F SMP N 1 Madiun. Data yang diperoleh mencakup data hasil belajar yang meliputi hasil post test, nilai psikomotor, nilai afektif, respon siswa dan data hasil pengamatan keterlaksanaan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing. Hasil penelitian menunjukkan, keterlaksanaan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing dari pertemuan 1 ke pertemuan 2 mengalami peningkatan, yaitu sebesar 3,33 (kriteria baik) menjadi 3,61 (kriteria sangat baik). Berdasarkan analisis data dengan uji normalitas diperoleh Lo=0,087 < Ltabel=0,159. Ini berarti bahwa sampel berdistribusi normal. Pengujian hipotesis terhadap hasil belajar siswa dengan uji-t satu pihak diperoleh thitung = 5,31 > ttabel = 1,69 yang berarti pembelajaran mencapai nilai KKM sebesar 81. Ketuntasan belajar secara klasikal sudah tercapai, karena 87% siswa sudah tuntas secara individu. Ranah psikomotor dan afektif siswa menunjukkan hasil yang sangat baik pada tiap aspek penilaian. Siswa memberikan respon yang sangat baik terhadap model Penemuan Terbimbing pada pembelajaran IPA Terpadu tema Biopestisida, dengan persentase 96,43% yang menjawab positif.


Kata kunci : Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing, IPA Terpadu, Biopestisida, Ketuntasan hasil belajar


Abstract


The research aimed to describe the implementation of Guided Discovery learning, the students learning achievement, and the response of the students on integrated science learning type of webbed with biopesticides topic. This research was pre experimental research using one shot case study design.  Sample used in this research was student in class VIII-F of State Junior High School 1 Madiun. Data in this research were the learning achievement data covering post-test achievement, psychomotoric grade, affective grade, student response and result of observation on the  implementation of Guided Discovery Learning. The research resulted that the implementation of Guided Discovery Learning from the first lesson class to the second one has increased, 3.33 (good criteria) at the first lesson to 3.61  (very good criteria). Based on data analyzed with normality test was obtained Lo=0,087< Ltabel=0,159. It means that sample was distributed normally. Test of the hypothesis on students learning achievement using one side t-test was obtained tcount=5,31 >ttable =1,69 which mean that learning reaches the value of minimum completeness criteria at 81. Mastery learning classically was obtained, because 87% of students were mastered  individually. In psychomotoric  and affective aspects, students showed very good on each aspect. Students responded very well to the implementation of Guided Discovery learning on integrated science learning with biopesticides topic with percentage 96.43%, giving positive response.


Keywords: Guided Discovery learning, Integrated science, Biopesticides topic, Mastery learning


Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.