PENERAPAN STRATEGI BELAJAR PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (PQ4R) PADA MATERI KALOR UNTUK MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 SIDOARJO

ANNISA Jatu JATU PUSPITA

Abstract


Abstrak


Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan ketuntasan belajar siswa, keterlaksanaan strategi belajar PQ4R, aktivitas siswa serta respon siswa kelas VII-8. Penelitian ini menggunakan rancangan “One Shot Case Study” dengan analisis secara deskriptif-kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Sidoarjo dan sasaran penelitian adalah siswa kelas VII-8 berjumlah 31 siswa. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, ketuntasan belajar siswa kelas VII-8 pada aspek kognitif sebesar 90,32%. Penilaian hasil belajar aspek psikomotor dan afektif memperoleh persentase nilai rata-rata sebesar 94,13% dan 90,89% dengan masing-masing berkategori baik. Hal ini berarti bahwa dengan strategi belajar PQ4R pada materi kalor dapat menuntaskan belajar siswa kelas VII-8. Keterlaksanaan pembelajaran dengan strategi belajar PQ4R pada pertemuan 1 dan 2 berturut-turut memperoleh persentase nilai rata-rata sebesar 86,92% dan 90,27% dengan kategori baik. Hal ini berarti guru dapat mengelola pembelajaran de ngan strategi belajar PQ4R dengan baik. Aktivitas siswa selama mengikuti kegiatan belajar mengajar yang berlangsung selama dua kali pertemuan menunjukkan siswa melakukan aktivitas-aktivitas pada tahap strategi belajar PQ4R dengan aktivitas yang banyak dilakukan adalah merefleksi diri dengan persentase waktu rata-rata 20,84 %. Aktivitas yang paling jarang adalah melakukan resitasi dengan persentase waktu rata-rata sebesar 5,21%. Hal ini memang aktivitas yang membutuhkan waktu terbanyak adalah merefleksi diri dengan berdiskusi dan bertanya pada guru dan teman; dan aktivitas dengan intensitas waktu terkecil adalah melakukan resitasi. Respons siswa terhadap penerapan strategi belajar PQ4R pada materi kalor sangat baik dengan persentase rata-rata siswa yang menjawab positif sebesar 90,32%.


Kata Kunci: Strategi Belajar PQ4R, Materi Kalor, Ketuntasan Belajar, Aktivitas, dan Respons Siswa.


Abstract


The research was conducted with the aim to describe students' mastery learning, completeness of PQ4R learning strategies, student activities and VII-8 grade student’s responses. The research was performed using the design of "one shot case study" with a descriptive quantitative analysis. The populations in the study were all students in grades 7 SMPN 5 Sidoarjo and research objectives are numbered 7-8 grade 31 students. Based on the results of the analysis has been done, mastery learning grade VII-8 on the cognitive aspects of 90,32%. Psychomotor and affective of the assessment to obtain a percentage value of the average of 94,13% dan 90,89% respectively categorized with either. This means that the learning strategy PQ4R in heat material complete the 7-8 grade students. A learning accomplishment with PQ4R learning strategies at first and second meetings in a row to obtain a percentage with a good category of 86.92% and 90.27%. This means that teachers can learn strategies to manage learning PQ4R well. Activities of students during the teaching and learning activity which takes place during the last two sessions showed students doing activities on the learning strategies and activities that many PQ4R is the capitulars themselves with the percentage of time an average of 20.84%. The most activity rarely is done recite with the percentage of time an average of 5,21%. This is the activity that takes most is the capitulars themselves with discuss and ask teachers and friends; and the smallest time-intensity activity is doing recite. The response of students to the application of learning strategies PQ4R of heat materialis very well with the average percentage of students who answered positively by 90.32%.


Keywords: PQ4R learning strategies, heat material, mastery learning, activities, and student a response.


Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.