UJI COBA PEMBELAJARAN IPA DENGAN LKS SEBAGAI PENUNJANG MEDIA VIRTUAL PHET UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES PADA MATERI HUKUM ARCHIMEDES

DYAH Permata PERMATA SARI

Abstract


Abstrak


Penelitian ini bertujuan mengetahui capaian hasil belajar kognitif produk, capaian keterampilan proses siswa, dan respons siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan LKS sebagai penunjang media virtual PhET untuk melatih keterampilan proses pada matei hukum Archimedes. Penelitian ini diujicobakan pada 11 siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang mendeskripsikan capaian hasil belajar kognitif produk, capaian keterampilan proses, dan respons siswa setelah menggunakan LKS sebagai penunjang media virtual PhET untuk melatih keterampilan proses. Capaian hasil belajar kognitif produk diperoleh hasil persentase sebesar 100%. Untuk capaian keterampilan proses diperoleh persentase sebesar 100%. Siswa merespons pembelajaran IPA menggunakan  LKS  sebagai penunjang media virtual PhET untuk melatih keterampilan proses pada matei hukum Archimedes dengan positif. Simpulan penelitian ini adalah pembelajaran IPA dengan LKS sebagai penunjang media virtual PhET untuk melatih keterampilan proses pada matei hukum Archimedes dapat tercapai hasil belajar kognititf produk dan keteramilan proses serta siswa merespons positif.


Kata Kunci: LKS, virtual PhET, keterampilan proses, materi hukum Archimedes


 


Abstract


The purposes of this research are to find out the achievement of study result of the cognitive, achievement of scientific thinking skills, and the student's response after following learning using student worksheet, after joining sahll perform a supporting media virtual phet to train skill process on matei law archimedes. This research tried out in 11 students class VIII 2 junior high school buduran sidoarjo. This research is research descriptive who described the achievement of study result of the cognitive products, the achievement of skill process, received and after using student worksheet, students sahll perform a supporting media virtual phet to train skill process. Close to the learning cognitive products obtained results percentage of 100%. To close the skills acquired a percentage of 100%. Students respond to learning integrated science using virtual media support student worksheet as PhET to train a skill process on the positive law of Archimedes with matei. A summary of this research is to study science integrated with virtual media support worksheet student as PhET to train a skill process on the law of Archimedes can be achieved matei results learning products and kognititf skill process and students respond positively.


Keywords: student worksheet, virtual PhET, skills, process the material law of Archimedes


Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.