PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA TERPADU TIPE WEBBED DENGAN TEMA TANGGAP BENCANA UNTUK SISWA KELAS VII SMPN 1 POGALAN

RIZKA PERMATASARI

Abstract


Abstrak


Proses pembelajaran IPA diharapkan melalui pemberian pengalaman langsung sehingga peserta didik mampu mengembangkan kompetensi dengan mempelajari sendiri tentang alam sekitar dan menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu cara untuk memenuhi tujuan pendidikan IPA tersebut adalah dengan pembelajaran terpadu. Ketercapaian tujuan dalam pembelajaran IPA Terpadu tentunya didukung oleh beberapa faktor seperti tersedianya bahan ajar yang sesuai sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan, hasil belajar, dan respon siswa terhadap bahan ajar IPA Terpadu tipe webbed dengan tema tanggap bencana yang dikembangkan. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan Dick and Carey akan tetapi hanya sampai pada tahap evaluasi formatif. Sasaran penelitian adalah bahan ajar IPA Terpadu tipe webbed dengan tema tanggap bencana untuk siswa kelas VII di SMPN 1 Pogalan. Analisis penelitian dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar IPA Terpadu tipe webbed dengan tema tanggap bencana telah layak digunakan dalam pembelajaran ditinjau dari seluruh, aspek meliputi isi dengan kelayakan 82,22%, penyajian 77,78%, bahasa 77,78%, komponen sikap tanggap bencana 93,33%, dan komponen bahan ajar 83,81%. Kelayakan juga didukung oleh hasil belajar yaitu dari nilai pre-test hanya 29,63% siswa yang tuntas mencapai KKM (≥80) dan telah mengalami peningkatan menjadi 100% setelah pembelajaran menggunakan bahan ajar yang dikembangkan. Selain itu kelayakan juga ditinjau dari rata-rata respon siswa sebesar 91,24%.


Kata kunci : pengembangan, bahan ajar IPA Terpadu, tipe webbed, dan tanggap bencana


 


Abstract


Within this science learning process, it is expected that students feel a direct experience so they can develop their own competence in science by learning about the environment and apply them in their real life. One way to meet the goal of science education is by integrated learning. The achievement of the objectives in the integrated science learning is supported by some factors, one of them is the availability of suitable teaching materials. This research intent to describe the feasibility, learning outcomes, and student’s response to “the development of integrated science teaching materials webbed type with disaster response themes”. This research refers to Dick and Carey’s development model but only reached the stage of formative evaluation. The analysis of this research was done in descriptive quantitative method. It reveals that the integrated science teaching materials webbed type with disaster response theme was feasibly utilized in science learning process. As concluded in this research,  all aspects covers; contents 82,22%, representation 77,78%, language 77,78%, disaster responsiveness component 93,33%, and teaching materials components 83,81%. The feasibility also supported by the fact that outcomes based on the pre-test score only 29.63% students who can reaches KKM ( ≥ 80). It has been increased to 100% after the developed teaching materials is applied in learning process. In addition, the feasibility is also reviewed from the average student’s responses in 91.24%.


Keyword : development, integrated science teaching materials, webbed type and disaster response



 


Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.