PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA PADA REAKSI PEMBENTUKAN GARAM DENGAN PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN POEE

MUVITA WAHYU DWI APRILIA, ERMAN

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman siswa terhadap penerapan strategi pembelajaran POEE. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design dengan rancangan penelitian One group pretest-posttest design. Subjek yang digunakan dalam penelitian yaitu siswa kelas VII-6 di SMP Negeri 3 Candi. Hasil peningkatan pemahaman siswa terlihat dari gain score ternormalisasi bahwa sebanyak bahwa sebanyak 24 siswa termasuk dalam kategori tinggi, 8 siswa dalam kategori sedang, dan 2 siswa termasuk dalam kategori rendah. Lima indikator pemahaman yang diteliti menghasilkan peningkatan dengan kriteria tinggi pada aspek menafsirkan, mengklasifikasikan, menjelaskan, dan menyimpulkan, sedangkan pada aspek memberikan contoh termasuk dalam kriteria sedang. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kemampuan memahami siswa pada topik reaksi pembentukan garam mengalami peningkatan dengan strategi pembelajaran Predict Observe Explain Explore (POEE)

Abstract

The aims of this research is to describe improvement of students understanding after using the learning strategy POEE. The type of research used is pre-experimental design with One group pretest-posttest design. Subjects used in the reasearch are students of class VII-6 in SMP Negeri 3 Candi. The improvement of students understanding showed by normalized gain score, it shows that as many as 24 students are included in the high category, 8 students are in medium category, and 2 students are included in the low category. The five comprehension indicators studied resulted in improvements with high criteria on the interpretation, classifying, explaining, and concluding, while aspects of in giving examples included in medium criteria. The results show that students understanding on the topic reaction of salt is enhanced by the implementation of POEE learning strategies.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.