Pengembangan KIT IPA Sederhana Materi Pemuaian Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ssiwa Kelas VII SMP Negeri 2 Panggul

NANDA SILVIANA PUTRI, WAHONO WIDODO

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah KIT IPA Sederhana pada materi pemuaian untuk siswa kelas VII yang valid, praktis, dan efektif. KIT IPA Sederhana pada penelitian ini dikembangkan dengan menggunakan model 4D (Define,aDesign, Develope danaDisseminate), namun hanyaisampai padaatahap uji cobaiterbatas. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIIB di SMP Negeri 2 Panggul, Trenggalek pada tahun pelajaran 2017/2018 sejumlah 22 siswa. Desain uji coba penelitian menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Parameter yang diukur yaitu validitas KIT IPA Sederhana, keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas belajar siswa, respon siswa, serta hasil belajar siswa. Teknik pengambilan data dilakukan melalui metode telaah dan validasi, metode observasi, metode tes dan metode angket. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitaif. (1) Validitas penelitian terhadap KIT IPA menunjukkan kategori layak. (2) Keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan kategori sangat baik, aktivitas dan respon siswa menunjukkan kategori sangat layak. (3) Hasil belajar siswa menunjukkan rata-rata nilai n-gain sebesar 0,54 dengan kategori sedang. Disimpulkanibahwa KIT IPAiSederhana padaimateri pemuaianiini dinyatakanilayak berdasarkaniaspek validitas,ikepraktisan danikeefektifan.

Kata Kunci: KIT IPA Sederhana, validitas, kepraktisan, keefektifan, hasil belajar


Abstract

The aims of this research are to results of simple KIT IPA that is valid, practical and effective. The research developement of KIT IPA by using 4D development model (Define, Design, Develope and Disseminate) but it is limited in trials step. Subjects of the research were students of Class VII-B SMPN 2 Panggul, Trenggalek 2017/2018 school years totaling 22 students. Design of research trials using One Group Pretest-Posttest Design. The measured parameters was result of KIT IPA validity, implementation of learning, student learning activities, student response and learning result. The data collection technique conducted from study and validation method, observation method, test method and questionnaire method. The data analysis technique was descriptive quantitative and qualitative. (1) Validity of research declared very decent category. (2) Implementation of learning with good category, student activities and student response with decent category. (3) The improvement of student’s learning result obtained by average n-gain value equal to 0,54 with medium category. It was concluded that this simple KIT IPA on material expansion declarated decent by the aspects of validity, practicality and effectiveness.

Keywords : Simple KIT IPA, learning result, validity, practicality, effectiveness, learning result








Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.