PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU PADA TEMA NARKOBA UNTUK SMP KELAS VIII

ACMAD MASRURI

Abstract


Abstrak


Penelitian tentang pengembangan perangkat pembelajaran IPA terpadu pada tema Narkoba ditujukan untuk mengetahui (1) kelayakan perangkat yang dikembangkan, (2) keterlaksanaan kegiatan pembelajaran, (3) hasil belajar siswa dan (4) respon siswa. Untuk memenuhi tujuan tersebut telah dilakukan penelitian yang diawali dengan penyusunan silabus, RPP, Buku Ajar, LKS, dan tes hasil belajar yang selanjutnya dilakukan uji coba perangkat tersebut. Sumber data dalam penelitian ini adalah tim ahli meliputi dosen dan guru IPA sebagai penelaah dan validator, serta 23 siswa kelas VIII-A SMP Negeri 26 Surabaya. Jenis penelitian ini  menggunakan desain instruksional pengembangan perangkat yang mengacu pada 4-D (Four D Models) yang dikemukakan oleh Thiagarajan (1974). Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar telaah, lembar validasi, lemb ar pengamatan keterlaksanaan RPP, tes hasil belajar, serta lembar angket respon siswa. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif untuk hasil telaah dan deskriptif kuantitatif untuk hasil validasi, keterlaksanaan RPP, hasil belajar siswa, dan respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan telah layak digunakan dalam proses pembelajaran karena telah memenuhi kelayakan dengan persentase kelayakan silabus sebesar 81,25 %, RPP sebesar 84,80 %, LKS sebesar 85,70 %, buku ajar sebesar 82,20 %, dan tes hasil belajar sebesar 84,72 % dengan kriteria sangat baik. Data hasil uji coba diperoleh yaitu keterlaksanaan RPP mendapatkan persentase sebesar 97,81 % dengan kriteria penilaian sangat baik, hasil belajar siswa menunjukkan bahwa sebanyak 23 siswa dinyatakan tuntas dengan persentase rata-rata nilai akhir sebesar 86,17 % dan hasil analisis angket menunjukkan bahwa siswa memberikan respon sangat baik dengan persentase rata-rata 91,5 %.


Kata Kunci: Kelayakan Perangkat Pembelajaran, IPA Terpadu, Tema Narkoba.


 


Abstract


Research on the development of integrated science lesson on the theme of drugs aimed to determine (1) the feasibility of the developed device, (2) feasibility of learning activities, (3) student learning outcomes, and (4) student response. To meet these objectives has done research that begins with the preparation of syllabi, lesson plans, Textbook, worksheets, and test results that further study conducted trials of these devices. Sources of data in this research is a team of experts include faculty and science teachers as reviewers and validators, and 23 students of class VIII-A SMP Negeri 26 Surabaya. This research uses instructional design refers to the development of devices that 4-D (Four D Models) proposed by Thiagarajan (1974).  The research instrument used in the form of sheets of study, validation sheet, observation sheets keterlaksanaan RPP, achievement test, as well as pieces of student questionnaire responses. The data were analyzed for descriptive qualitative and quantitative descriptive study results to the results of the validation, feasibility lesson plans, student learning outcomes, and student responses.The results showed that the developed device has been fit for use in the learning process because it has met the eligibility with a percentage of 81.25% syllabus, lesson plans for 84.80%, 85.70% of LKS, textbook by 82.20%, and the test learning outcomes of 84.72% with a very good criteria. Test result data obtained by the feasibility RPP get a percentage of 97.81% with a very good assessment criteria, student learning outcomes indicate that as many as 23 students declared complete by the average percentage of the final value of 86.17% and the results of questionnaire analysis showed that students responded very well with an average percentage of 91.5%.


Keywords: Feasibility Study Device, Integrated Science, The Theme of Drugs.


Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.