PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DAN DAMPAKNYA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA SISWA SMP

ROSDIANA APRILIA NINGTYAS, TARZAN PURNOMO

Abstract


Abstrak

Pembelajaran dengan pendekatan saintifik pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam dapat meningkatkan keterampilan proses sains pada siswa, dikarenakan adanya komponen keterampilan proses sains yang merupakan dasar dari pendekatan saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan keterampilan proses sains siswa setelah diterapkan pendekatan saintifik pada materi pencemaran lingkungan dan dampaknya. Sasaran dalam penelitian adalah siswa SMPN 1 Jabon, Sidoarjo kelas VII-C. Parameter penelitian yang diukur adalah keterampilan proses sains siswa. Pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik menggunakan metode pre-experimental design, dengan rancangan penelitian “One Group Pretest Posttest Design” kemudian data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran berlansung sangat baik. Dengan skor 3,41 pada pertemuan I dan 3,90 pada pertemuan II. Keterampian proses sains meningkat dengan kriteria tinggi dengan rata-rata gain score sebesar 0,71. Peningkatan keterampilan proses sains terlihat dari hasil gain score ternormalisasi bahwa sebanyak 25 siswa pada kategori tinggi, 9 siswa dalam kategori sedang dan 2 siswa pada kategori rendah. Siswa memberikan respon positif terhadap penerapan pendekatan saintifik sebesar 88,05% dengan kategori baik sekali. Hasil ini menyatakan bahwa penerapan pendekatan saintifik pada materi pencemaran lingkungan dan dampaknya dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa.

Kata kunci: Pendekatan saintifik, keterampilan proses sains

Abstract

Learning with a scientific approach to learning natural science can improve science process skills in students, this is due to the components of the science process skills that are the basis of the scientific approach. This study aims to improve students science process skills after applying a scientific approach to the material of environmental pollution and its effects. The target in the study was students of Jabon 1 Junior High School, Sidoarjo class VII-C. The measured research parameters are students science process skills. Learning using a scientific approach using pre-experimental design method, with the research design "One Group Pretest Posttest Design" then the data were analyzed quantitatively descriptive. The results of the study show that learning implementation is very good. With a score of 3.41 at meeting I and 3.90 at meeting II. The skillfulness of the science process increases with high criteria with an average gain score of 0.71. Improved science process skills can be seen from the results of the gain score normalized that as many as 25 students in the high category, 9 students in the medium category and 2 students in the low category. Students gave a positive response to the application of the scientific approach of 88.05% with excellent categories. These results state that the application of a scientific approach to environmental pollution material and its effects can improve students scientific process skills.

Keywords: scientific approach, science process skills


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.