PENERAPAN PEMBELAJARAN IPA TERPADU DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MATERI BUNYI DAN PENDENGARAN PADA SISWA SMP

DHESTA Nurdana NURDANA PUSPITA

Abstract


Abstrak


Telah dilakukan penelitian tentang pembelajaran IPA terpadu dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) materi bunyi dan pendengaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran, aktivitas siswa, hasil belajar, dan respons siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang menggunakan rancangan penelitian “One Shot Case Study”, sasaran penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 9 Sugio Lamongan Tahun ajaran 2012-2013. Instrumen yang digunakan adalah lembar pelaksanaan pembelajaran, aktivitas siswa, tes dan angket. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif, dengan cara mendeskripsikan data kemudian diinterpretasikan ke dalam angka berdasarkan kriteria tertentu. Berdasarkan analisis data diperoleh rata-rata kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran mendapat nilai rata-rata 3,78% dengan katagori baik. Persentase aktivitas siswa yang paling tinggi yaitu katagori bekerjasama dalam kelompok dengan persentase sebesar 83,3% termasuk katagori amat baik. Hasil belajar kognitif siswa menunjukk an 80% siswa tuntas. Hasil belajar ranah afektif mengalami peningkatan pada pertemuan II, yang awalnya 77,70%, menjadi 78,31%, hal ini menunjukkan bahwa pencapaian afektif siswa terkatagori kuat. Hasil belajar ranah psikomotor mengalami peningkatan pada pertemuan II, yang semula rata-rata hasil belajar psikomotor 77,88% menjadi 82,50%, menunjukkan bahwa pada pertemuan II siswa lebih terampil dalam menggunakan penggaris dan merangkai percobaan membuat tinggi rendah nada. Respons siswa tentang pernyataan pembelajaran sistematis dan jelas, pembelajaran bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari dan tes yang diberikan sesuai dengan yang disampaikan saat pembelajaran mendapat respons positif dengan jawaban “Ya” sebanyak 100%. Respons siswa mengenai keterlibatan aktif dalam pembelajaran mendapat 80%. Sedangkan siswa memberikan respons rendah terhadap LKS yang dibagikan pada saat pembelajaran yaitu sebanyak 66,7%.


Kata Kunci: CTL, IPA Terpadu, Bunyi dan Pendengaran.


Abstract


A research about integrated science using Contextual Teaching and Learning (CTL) approach was done on matter sound and hearing. This research aims to describe the implementation of learning process, students activities, learning out comes, and student respons. This research was quasi-experimental research study designs that use "One Shot Case Study", subject are eighth grade students of SMP Muhammadiyah 9 Sugio Lamongan academic year 2012-2013. Instrument used is the lesson plan, worksheet, tests and questionnaires. Descriptive data were analyzed quantitatively, by describing data then interpreted into a number based on certain criteria. Based on the data analysis obtained by the average teacher's ability to manage the learning is 3.78%, which in good category. The highest category of students activity is working in group with a percentage of 83.3% included on very good category. Cognitive domain learning outcomes of students showed 80% of mastery learning. The affective learning outcomes improved over the second meeting, which at first is 77.70% become 78.31%, indicat that achieving affective student intense categorized. Psychomotor domain of learning outcomes improved over the second meeting, which at first is 77.88% become 82.50%, indicat that the second meeting students skilled to use ruler and to combine experiment make high low sound. The response of students on the statement that learning is sistematicaly and clearly, the learning benefit everyday life and tests given in appropriate with explanation in a learning process a positive response with the answer "yes" as much as 100%. Students on the active involvement  in the learning proccess get 80%. While students give a low response to worksheets that are distributed at the time of learning as much as 66.7%.


Keywords: CTL, Integrated Science, Sound and Hearing


Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.