PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE WEBBED TEMA BIOTEKNOLOGI BAHAN PANGAN DALAM PEMBUATAN ROTI di SMPN 2 PUNGGING

FITRI KARTIKASARI

Abstract


Abstrak


Penelitian pengembangan perangkat pembelajaran IPA Terpadu tipe webbed pada tema bioteknologi bahan pangan dalam pembuatan roti ditujukan untuk mengetahui: (1) kelayakan perangkat yang dikembangkan, (2) keterlaksanaan perangkat pembelajaran dan (3) respon siswa. Untuk mengetahui tujuan tersebut telah dilakukan penelitian diawali dengan penyusunan silabus, RPP, buku siswa, LKS dan soal evaluasi yang selanjutnya akan dilakukan uji coba perangkat tersebut dalam pembelajaran IPA Terpadu. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas IX SMPN 2 Pungging sebanyak 12 siswa pada tahun pelajaran 2012-2013.


Model pengembangan perangkat yang digunakan adalah m odel 4D yang meliputi empat tahapan yaitu: Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Namun demikian dalam penelitian ini hanya dibatasi sampai pada tahap pengembangan. Data penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan layak digunakan sesuai dengan validasi perangkat oleh pakar. Hasil yang diperoleh dari validasi silabus, RPP, buku siswa, LKS dan soal evaluasi  adalah sebesar 83%, 85%, 80,21%, 78,36% dan 75, 28%. Untuk hasil pelaksanaan perangkat memperoleh 88,80%. Selain itu siswa juga merespon positif terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan, hal ini ditunjukkan dengan angket respon siswa dengan persentase 91% siswa menyatakan tertarik terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan.


kata-kata kunci: IPA Terpadu tipe webbed, kelayakan perangkat, respon siswa


Abstract


Research of the teaching material development of integrated science using webbed type with biotechnology of food material for making bread theme was proposed to determine: (1) the feasibility of teaching material developed, (2) carrying out learning activities, and (3) students responses. To attain these objectives, it had been research that started by preparation of syllabus, lesson plans, student books, student worksheet and evaluation test, followed by try out of the teaching material in the integrated science learning. The research was conducted on a class IX student of SMPN 2 Pungging as many as 12 students in the school year 2012-2013.         The teaching material development model used 4D model which includes four stages: Define, Design, Development, and Disseminate. However, in this study was  limited until to the development stages. The data of research showed that the teaching material developed was feasible to use suitable with expert validation. The result obtained from validation of syllabus, lesson plan, student books, student worksheets and evalution test were 83%, 85%, 80,21%, 78,36% dan 75, 28%. In addition, students responded positively to the development of teaching material, this is indicated by questionnaire responses of students with a percentage of  91%  students expressed interest in this teaching material developed.


Key words: Integrated science type webbed, the feasibility of teaching material, students responses


Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.