Peningkatan Kemampuan Analisis Menggunakan Pendekatan Saintifik Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan

FARAH DIBA MERYNA, AN NURIL MAULIDA FAUZIAH

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan capaian kemampuan analisis siswa setelah diterapkannya metode pendekatan saintifik kelas VII-B SMP Negeri 36 Surabaya. Pendekatan saintifik terdiri dari 5 tahap, yaitu: 1) mengamati, 2) menanya, 3) mengumpulkan informasi, 4) mengasosiasi dan 5) mengkomunikasikan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre Experimental Design dengan rancangan penelitian One Group Pre-test and Post-test Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni test. Peningkatan kemampuan analisis siswa dianalisis dengan menggunakan uji N-gain skor. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan analisis siswa meningkat dengan kategori sedang setelah diterapkannya pendekatan saintifik dengan N-gain score yang diperoleh sebesar 0,68. Denganmdemikian dapat dismpulkan bahwa pendekatan saintifik efektif untuk melatih kemampuan analisis siswa kelas VII-B SMP Negeri 36 Surabaya.

Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Kemampuan Analisis

Abstract

This research aims to describe achievement of the analytical ability after implementation Scientific Approach Methods in class VII-B SMP Negeri 36 Surabaya. Scientific approach consists of five phases: 1) observe, 2) questions, 3) explores, 4) analyzes and 5) communication. Type of research used is Pre Experimental Design with research design of One Group Pre-Test And Post-Test Design. Data collection techniques used were test. Increase analytical ability was analyzed using a N-gain score test. The analytical abilities of students increases with the medium category after the scientific approach is applied with the N-gain value obtained is 0.68. Thus it can be concluded that the Scientific Approach Methods is effective for improving the analytical ability students in class VII-B SMP Negeri 36 Surabaya.

Keywords: Scientific Approach, Analytical Ability


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.