Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik

ARINI NURUL FATIHA, TUTUT NURITA

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah diterapkan pendekatan pada materi getaran dan gelombang. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design dengan rancangan penelitian one group pretest and posttest design. Subjek yang digunakan dalam penelitian yaitu siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Modo Lamongan.Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes. Hasil belajar pada aspek pengetahuan siswa mengalami peningkatan setelah diterapkannya pendekatan saintifik pada materi getaran dan gelombang yaitu dari rata-rata nilai pretest sebesar 46 meningkat pada posttest menjadi 78 dengan ketuntasan pada pada posttest sebesar 79%. Peningkatan hasil belajar siswa tersebut dikategorikan sedang dengan indeks gain 0,6.

Kata Kunci: hasil belajar, pendekatan saintifik, getaran dan gelombang

Abstract

CThis study aims to describe student learning outcomes after following scientific approach on vibration and wave. The type of research used in pre-experimental design with research plan One Group Pretest and Posttest design. The subject of this research is the VIII-A students of junior high school 1 Modo Lamongan. The techniques of collecting data is test. The students learning outcomes on knowledge competence improve after the scientific approach applied on vibration and wave material; that is from the average of 46 become 78 with classical completeness on posttest 79%. The improving of student learning outcomes is categorized sufficient with gain index 0.6.

Keywords: learning outcomes, scientific approach, vibration and wave


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.