PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU MODEL CONNECTED DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN GUIDED INQUIRY UNTUK SMP PADA TOPIK ALKOHOL DAN ROKOK

HILMAN MASDUKI

Abstract


Abstrak


Pengembangan perangkat pembelajaran IPA terpadu model connected dengan menggunakan pendekatan guided inquiry pada topik alkohol dan rokok ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan perangkat pembelajaran, hasil belajar siswa, dan respon siswa terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Dengan menerapkan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam uji coba terbatas diharapkan siswa bisa aktif dalam pembelajaran IPA terpadu sesuai dengan pendekatan guided inquiry. Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model pengembangan 4-D models dan tahapan yang dilakukan sampai tahap penyebaran. Telaah perangkat pembelajaran yang dikembangkan dilakukan oleh 1 dosen ahli kimia, 1 dosen ahli biologi, dan 1 dosen sains. Hasil validasi perangkat pembelajaran oleh 2 dosen ahli dan 1 praktisi menyatakan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi silabus, RPP, LKS, bahan ajar, dan tes hasil belajar siswa sudah baik dan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Perangkat pembelajaran yang sudah divalidasi, diujicobakan di kelas VIII SMPN 1 Sumberrejo, Bojonegoro dengan jumlah 35 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran IPA terpadu model connected dengan pendekatan guided inquiry pada topik alkohol dan rokok ditinjau dari pendapat ahli sangat layak digunakan dengan skor kelayakan isi 3,32; kelayakan kebahasaan 3,18; dan kelayakan penyajian 3,97. Secara umum hasil belajar siswa meliputi kognitif, psikomotor, dan afektif berdasarkan kriteria ketuntasan minimal memiliki prosentase berturut-turut sebesar 74,3%; 82,8%; dan 83,9%. Selain itu berdasarkan angket, siswa memiliki respon positif terhadap perangkat pembelajaran sebesar 92,2%.


Kata kunci: pengembangan perangkat pembelajaran, IPA terpadu, model connected, guided inquiry, topik alkohol dan rokok, kelayakan perangkat, hasil belajar, respon siswa


 



Abstract


Development of an integrated science teaching learning package connected models using guided inquiry approach on the topic of alcohol and cigarettes is intended to describe the feasibility of learning, student learning achievement, and the students' response to the learning that was developed. By applying the teaching learning package developed in limited testing is expected that students actively in learning science in accordance with the integrated guided inquiry approach. The development of teaching learning package using 4-D model of the development. Analysis was conducted by an expert of chemistry, an expert of biology, and one lecturers of science. Validation was performed by an expert of chemistry, one lectures of science and one teacher of sciences. The development of teaching learning package consists of syllabus, lesson plans, worksheets, teaching materials, and student achievement test are good and feasible for use in teaching learning activities. Teaching learning package  that has been validated, tested in class VIII SMPN 1 Sumberrejo, Bojonegoro by the number of 35 students. The results of this study indicated that the integrated model of learning science connected with guided inquiry approach on the topic of alcohol and cigarettes was feasible to use with the contents of eligibility score 3.32; 3.18 linguistic appropriateness, and feasibility of presentation 3.97. While the general student learning achievement include cognitive, psychomotor, and affective completeness criteria have minimal percentage respectively 74.3%, 82.8% and 83.9%. Also based on the questionnaire, students have responded positively to the learning of 92.2%.


Keywords : development of teaching learning package, integrated natural sciences, connected model, topic alcohol and cigarettes, feasibility learning device, student achievement test, student of respon


Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.