KETERLAKSANAAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI ZAT ADIKTIF

ELIN AGUSTINA, ERMAN

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran saintifik berbasis kontekstual pada materi zat adiktif. Pembelajaran saintifik berbasis kontekstual diterapkan pada kelas berjumlah 28 orang. Pembelajaran dilaksanakan dalam dua pertemuan untuk materi zat adiktif tema kafein dan rokok. Data yang diperoleh selama penelitian meliputi data hasil keterlaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh 3 pengamat dan hasil belajar siswa. Analisis hasil keterlaksanaan, dilihat dari penilaian pengamat dengan modus yang mendapatkan nilai 4, dengan kategori “sangat baik” dalam pelaksanaannya. Hasil belajar siswa yang memperoleh peningkatan gain sebesar 0,36 dengan kategori sedang. Dari hasil tersebut, dapat diberikan kesimpulan bahwa pembelajaran kontekstual materi zat adiktif terlaksana secara efektif dan sangat baik.

Kata Kunci : Pembelajaran saintifik, kontekstual, zat adiktif




Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.